Diposkan pada Deskripsi Banyak Hal, Tentang Ade - Sun & Keluarga Kita

Visa & Beberapa Persiapan Kami Traveling ke Korea


Karena berdomisili di Abudhabi-UAE, kami mengurus keperluan visa dari kedutaan disini.   Pertama kali datang ke Kedutaan Korea Selatan, mungkin sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan kami. Saat itu kami diberikan form oleh petugas kedutaan tentang dokumen apa saja yang diperlukan. Ada 3 jenis kunjungan masuk ke Korsel dimana tiap tipe kunjungan memerlukan dokumen yang berbeda pula. Pertama untuk keperluan bisnis dan kerjaan, kedua untuk liburan, dan ketiga untuk medical/ kesehatan. 

Visa Req
Visa Requirements

Syarat-syarat pengajuan visa liburan kurang lebih seperti ini.

  1. Mengisi formulir pengajuan visa, lengkap. Apa saja isinya: semua data diri, lama perjalanan, lokasi tempat tinggal selama di Korea, nomor darurat yang bisa dihubungi, estimasi biaya perjalanan, penanggung perjalanan, dan sejenis ini.
  2. Foto terbaru background putih ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar.
  3. NOL atau No objectioan letter atau surat ketenagakerjaan dari perusahaan penanggung visa yang berisi tentang pekerjaan, gaji, jabatan, kewarganegaraan, dan lainnya. Untuk yang wirausahawan, bisa dengan memakai surat izin usahanya. 
  4. Surat mutasi rekening bank atau bank statement 3 bulan terakhir milik penanggung visa.
  5. Travel itinerary atau rencana perjalanan, disertai lampiran tiket pesawat pp dari tempat domisili ke Korsel, serta hotel reservasi. Untuk kami, karena hotelnya belum fix, jadi kami booked yang free cancelation, cuma untuk syarat pengajuannya aja. 
  6. Melampirkan original passport yang masih berlaku minimanl 6 bulan, minimal masih ada 2 lembar sheet visa di buku passport, serta fotokopi passport ukuran kertas a4.

Lumayan repot, kami mesti 2x bolak balik ke kedutaan karena ada dokumen kelengkapan yang masih kurang. Kalau sudah komplit, dan berkas diterima, visa bisa jadi sekitar 1 mingguan. Visa yang released bisa berlaku 3 bulan sejak tanggal dikeluarkan. 

Visa
Alhamdulillah, Visa Released, yey!

Persiapan lainnya apa?. Nah ini yang lumayan pusing juga 😀 .

Pertama, mulai dengan nge-list tempat-tempat wisata & tempat makan halal yang mau dituju. Ini mesti rajin-rajin banget cari referensi via google. Tempat yang rekomen & tentang sharing cerita perjalanan orang-orang yang bisa kami contoh atau pelajari. Kalau sudah ada, lanjut mulai nge-pinned tempat-tempat tujuan tadi di map online/ offline, untuk memudahkan perjalanan saat disana nanti. Trus cari referensi lagi gimana cara dan transport ke sana, juga biaya yang diperlukan. Sampai jadi satu plan lengkap, jadwal dari hari pertama sampai terakhir di Korea. Ini sih tergantung plan masing-masing juga ya. Mungkin ada orang yang bisa on the spot aja gitu, berangkat kesana, dan langsung jalan-jalan dengan rencana on the spot pula. Tapi rencana kami ya seperti ini. Daaan, Alhamdulillah semua ini di handle oleh guide terbaik, my Sun *senang bekerja sama dengan Anda 😀

Pinned Map
Ini Map Offline yang di-Pin sama Sun. Total sebenarnya ada lebih dari 70 titik 😀

Kedua, mulai masukin perbekalan makanan ke koper. Bekal? Iya dong.. kami bawa beras buat jaga-jaga keamanan perut, sekitar 1kg. Bawa rice cooker andalan (tiap traveling jauh juga selalu begini, haha). Bawa cemilan & roti si bayi 3 tahun. Bawa ‘Indomie seleraku’ juga pastinya. 

Ketiga, siapkan obat-obatan. Dari vitamin, obat batuk pilek flu, obat demam, untuk kami dan juga sikecil. Qodarullah akhirnya obat ini kepakai juga disana, karena diakhir hari-hari traveling si kecil demam. 

Keempat, siapkan pakaian secukupnya. Yaa.. saya juga ngerti kok, kalau pakaian muslimah itu banyak banget, mulai dari kaos kaki, celana leging, dalaman jilbab & jilbabnya lagi, ditambah pakaian intinya, entah itu gamis atau atasan & bawahan. Konsekuensinya memang  gak bakalan bisa bawa tas ransel, mesti bawa koper, dan kopernya pun bisa lebih besar dari yang normal. Ditambah lagi pakaian suami. Berat?. Gak kok! Kalau temanya liburan, jadinya ringan 😀 lagian kan yang bawain koper, pak Sun ^^

Kelima, cek list peralatan lain-lain yang menurut kamu penting. Versi kami, mesti bawa tas ransel buat bawa perbekalan, power bank karena Sun bakal sering mantengin HP buat ngetrack jalan. Bawa charger. Colokan kabel mata 2. Kami juga bawa drone buat mainan pak suami. Dan kamera digital.

Keenam, kalau traveling bareng anak bayi dibawah 5 tahun, jangan lupa bawa juga perlengkapan & cek must-list si kecil. Kadang malah barang bawaan dia yang paling banyak. Mulai dari pakaian, stok diapers, minyak telon, tisu basah dan lainnya, seperlunya. Bawa mainan dia, buat hiburan kalau dia bosen. Bawa stroler kecil dan gendongan, yang Alhamdulillah ini sangat membantu jalan-jalan disana. Dan hampir tiap jalan-jalan, kami selalu bawa nasi, lauk dan telur matang, jaga-jaga kalau si bayi lapar dan kami belum ketemu tempat makan halalnya.

Exchange

Ketujuh, tukar uang. Jadi untuk jaga-jaga, kami tukar beberapa dirham aja ke Korean won. Gak banyak-banyak, karena kursnya jatuh banget kalau langsung tukar dari dirham UAE ke won gitu. Trus kami juga tukar hampir semua budjet selama liburan, ke US dollar. Kenapa gak ambil via atm disana aja?. Gak, karena info dari teman yang sering perjalanan ke luar, kalau ambil duit via atm di luar negeri, kursnya juga jelek banget. Yes, segitu perhitungannya yak menghindari perbedaan kurs!. Sampai di Korea, baru dollarnya kami tukar ke won. 

Koper
Total bawaan, 2 koper ini, ditambah 1 tas ransel, ditambah portable stroller si kecil.

Secara umum, yang mesti saya highlight 7 point ini. Nanti kalau ada tambahan, di edit lagi 😀

Setelah semua siap, Bismillah..Cus. 

Penulis:

Bismillah, salam :)

6 tanggapan untuk “Visa & Beberapa Persiapan Kami Traveling ke Korea

  1. wah korea. jadi inget dulu sampai SMP keningku berkerut kalau ada orang nyebutin negara korea. itu negara apa, di mana, bentuknya kayak gimana. haha. yaampun ternyata sekarang jadi pusat tren asia

    1. Haha.. 😁. Waktu smp nge fans nya sm negara mana Sekar?

      Saya juga baru setahunan kemarin ini sebenernya punya keinginan mau banget ke korea. Tapi dari dulu2 udah tau aja sebenernya, & lebih tau lagi setelah nonton full house, waduh. Haha

Share your comment here.. and thank you : )

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s